Penyakit Pada Leher Bagian Belakang

Sakit leher

 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak hanya memengaruhi kesehatan jantung dan pembuluh darah, tetapi juga bisa menyebabkan sakit pada leher bagian belakang.


Rasa nyeri ini sering kali diabaikan, padahal bisa menjadi indikasi masalah kesehatan yang serius. Jika Anda sudah merasakan sakit pada leher belakang akibat tekanan darah tinggi, segera ambil tindakan. Berikut ini delapan tips mengatasi leher belakang sakit.


1. Kompres leher

Gunakan kompres air hangat pada leher yang tegang dan meradang selama 15-20 menit. Setelah itu, ganti dengan kompres air dingin di area yang sama selama 15-20 menit. Ulangi proses ini selama 2 jam.


Panas dari kompres akan meningkatkan aliran darah ke otot-otot leher dan membantu melemaskan mereka, serta melepaskan nutrisi untuk menyembuhkan cedera. Kompres dingin dapat memberikan efek relaksasi sementara pada otot yang tegang.


2. Minum obat

Untuk mengurangi peradangan pada leher, konsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen, naproxen, aspirin, atau celecoxib. Obat-obatan ini tersedia di apotek. Ikuti petunjuk dosis pada kemasan dan hindari penggunaan jangka panjang kecuali dianjurkan oleh dokter.


3. Lakukan peregangan

Lakukan peregangan untuk meredakan ketegangan pada leher. Beberapa gerakan sederhana yang bisa dilakukan, antara lain turunkan dagu untuk meregangkan bagian belakang leher, miringkan dagu ke atas untuk meregangkan bagian depan leher, regangkan leher ke bahu kanan dan kiri untuk meredakan ketegangan di kedua sisi leher, atau regangkan tulang belikat untuk meredakan ketegangan leher yang lebih parah setelah tidak bergerak dalam waktu lama.


4. Pijat bagian leher yang sakit

Pijat area leher yang terasa sakit menggunakan teknik titik pemicu. Identifikasi titik-titik sempit di leher dengan meraba otot di leher dan mencari simpul atau kejang.


Tekan dan uleni area yang tegang ini selama 3-5 menit, ulangi 5-6 kali sehari. Anda juga bisa menggunakan roller busa atau bola pijat untuk mengatasi rasa sesak di leher.


5. Ubah posisi tidur

Posisi tidur terbaik untuk menghindari tekanan pada leher adalah telentang. Gunakan bantal yang panjang dan tipis agar leher tidak terangkat dan menjaga keselarasan tulang belakang.


Pilih kasur yang mampu menopang berat badan secara merata sehingga leher dan tulang belakang tetap lurus saat tidur, meningkatkan kemungkinan bangun dengan segar dan bebas rasa sakit.


6. Tetap terhidrasi dengan baik

Cakram di tulang belakang memerlukan air untuk menjaga ruang di antara tulang belakang. Usahakan untuk minum 8 gelas air (240 ml) setiap hari. Terhidrasi membantu tulang belakang tetap dalam keselarasan dan memperlambat degenerasi cakram seiring bertambahnya usia.


7. Konsumsi magnesium yang cukup

Magnesium adalah mineral penting yang membantu mengendurkan otot. Perbanyak konsumsi makanan kaya magnesium, seperti bayam, biji labu, dan yoghurt. Anda juga bisa menambahkan suplemen magnesium ke dalam menu harian. Kekurangan magnesium kronis dapat menyebabkan ketegangan otot.


8. Olahraga secara teratur

Olahraga rutin dapat meminimalisir ketegangan pada otot dan menjaga postur tubuh agar tetap rileks. Pantau postur tubuh sepanjang hari, terutama jika Anda sering duduk atau cenderung membungkuk.


9. Kunjungi ahli terapi fisik

Jika rasa nyeri leher sudah parah, segera kunjungi ahli terapi fisik. Terapis akan menentukan sumber nyeri dan merekomendasikan latihan untuk memperbaiki otot leher.



Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang  program terapi di klinik hati atau membutuhkan saran layanan terapi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami secara online. Penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Bisa datang kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.




Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233



Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami.



Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik, melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. 



0 Komentar