7 Makanan Murah yang Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat

tekanan darah

 

Selama ini, banyak sekali orang yang masih mengabaikan betapa bahayanya tekanan darah yang tidak normal. Baik tekanan darah tinggi maupun rendah, keduanya ternyata memiliki efek buruk bagi tubuh, salah satunya kematian.


Dengan tekanan darah yang tidak normal, berarti keadaan di dalam tubuh juga sedang dalam kondisi tidak normal.nHal ini disebabkan karena darah merupakan salah satu komponen penting yang dapat menggambarkan tubuh kita. Untuk itu, kita harus paham benar keadaan tekanan darah dalam tubuh.


Tekanan darah tinggi merupakan suatu tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHg). Angka 140 mmHg mengacu pada pembacaan sistolik, saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh.


Wah, harus ekstra hati-hati dan mulai memperhatikan gejala yg terjadi pada tubuh. Karena, jika tidak peduli, bukan hanya penyakit yang didapatkan, tapi juga kematian yang dapat menyerang tiba-tiba.


Berbagai Penyakit Dapat Ditimbulkan dari Darah Tinggi


Hindari Hipertensi


Selama ini, penderita darah tinggi cenderung meremehkan gejala yang disebabkan oleh penyakit mereka. Sebut saja rasa pusing dan detak jantung yang tidak normal.


Padahal, meskipun terkesan biasa, efek yang ditimbulkan oleh gejala tersebut bisa luar biasa. Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sampai menyebabkan sakit kepala dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sedangkan hipertensi yang menyebabkan detak jantung tidak normal menandakan ada yang salah dengan sistem peredaran darah.


Gejala ini bisa berlanjut hingga menyebabkan serangan jantung atau menimbulkan kerusakan pada sel jantung. Tidak hanya itu, hipertensi juga dapat menyebabkan penyakit gagal jantung yang dapat mengakibatkan kematian.


Makanan Super Murah Ini Bisa Atasi Tekanan Darah Tinggi


Pengidap hipertensi sering kali merasa bingung pengobatan apa yang bisa mereka jalani untuk mengobati penyakitnya. Dengan demikian, sering kali mereka merasa tidak peduli dengan gejala-gejala yang timbul.


Hingga pada akhirnya penyakit mereka semakin parah, pengidap hipertensi sudah tidak dapat tertolong lagi. Padahal, hipertensi bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan-makanan murah dan mudah di dapat.


Makanan untuk Penderita Hipertensi


Sebut saja bawang merah, semangka, tomat, kentang, bayam, wortel, hingga coklat. Makanan-makanan tersebut kaya dengan beta karoten.


Beta karoten mampu menurunkan tekanan darah dalam waktu singkat.


1. Coklat


Cokelat juga baik untuk penderita darah tinggi karena mengandung flavonoid. Flavonoid sangat bagus untuk memperkuat sel-sel yang menyelubungi jantung agar jantung lebih kuat. Namun, untuk mengonsumsi cokelat bagi penderita hipertensi ini ada syaratnya.


Usahakan untuk memilih jenis cokelat gelap yang tidak mengandung gula. Karena gula justru dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh.


Selain makanan yang mengandung beta karoten dan flavonoid, penderita hipertensi juga harus rajin mengonsumisi makanan berprotein tinggi. Salah satu makanan berprotein tinggi yang rendah risiko adalah telur.


Konsumsi telur untuk penderita hipertensi bahkan didukung oleh Jurnal Hipertensi Amerika Serikat.


2. Bawang Merah


Bawang merah mengandung Quercetin, salah satu jenis flavonoid yang banyak digunakan sebagai bahan suplemen. Quercetin dapat menurunkan tekanan darah secara efektif.


Selain itu, quercetin ini juga berfungsi untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. 


3. Semangka


Itrulline yang terkandung di dalam semangka juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.


Hal ini karena citrulline memiliki efek melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan di dalam pembuluh darah turun.


semangka juga mengandung likopen yang bersifat antioksidan.


Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan penumpukan plak di pembuluh darah dan membuat pembuluh darah mengeras.


4. Wortel


Wortel baik untuk penderita tekanan darah tinggi lantaran mengandung senyawa fenolik yang dapat mengurangi peradangan serta mengendurkan pembuluh darah.


Wortel sangat mudah didapat dengan harga murah dan dimanapun pasti ada.


5. Bayam


Bayam kaya akan kandungan nitrat yang bisa mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.


Kandungan ini membuat bayam juga bisa menjadi salah satu pilihan sayuran penurun darah tinggi yang baik dikonsumsi.


Selain itu, sayuran hijau ini juga sarat dengan antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium yang semuanya bermanfaat untuk tekanan darah yang normal.


6. Kentang


Kentang adalah sumber karbohidrat yang baik untuk penderita hipertensi. Selain mengandung karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan magnesium, kalium, dan serat yang tinggi.


Di mana kandungan tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah apabila dikonsumsi secara rutin.


7. Tomat


Salah satu buah yang dapat menurunkan tekanan darah adalah buah tomat, diberikan dalam bentuk jus.


Jus tomat memiliki kandungan kalium yang dapat meningkatkan ekskresi natrium dan air, sehingga terjadinya penurunan volume plasma, curah jantung, tekanan perifer dan tekanan darah.



Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang  program terapi di klinik hati atau membutuhkan saran layanan terapi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami secara online. Penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Bisa datang kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.




Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233



Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami.



Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik, melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. 



0 Komentar