Terapi untuk Kaum Adam yang Masih Kontroversial

prostat pria

 


Terapi untuk Kaum Adam yang Masih Kontroversial



Pria memiliki segudang permasalahan terkait organ reproduksi mereka, seperti disfungsi ereksi (impotensi) hingga sakit saat ejakulasi. Beberapa pria melaporkan, beragam masalah reproduksi bisa teratasi dengan menjalani pemijatan prostat. Seperti apakah cara pijat prostat? Apa manfaatnya bagi kesehatan organ reproduksi pria tersebut?

Apa itu pijat prostat?

Sesuai namanya, terapi pijat prostat (prostate massage) adalah pemijatan yang dilakukan pada prostat pria. Mirip dengan colok dubur, proses ini dilakukan dengan memasukkan jari dokter ke dubur pasien, untuk menekan atau memijat bagian prostat. Seperti yang mungkin Anda ketahui, kelenjar prostat terletak di depan rektum (dubur), di antara kandung kemih dan penis.

Memijat prostat dilakukan untuk kebutuhan medis ataupun terapi untuk peningkatan kualitas seksual seseorang. Namun, penelitian mengenai prostate massage masih cenderung sedikit. Sebagian besar klaim manfaatnya pun masih bersifat anekdotal (berdasarkan laporan masyarakat), ataupun datang dari kasus-kasus dalam lingkup kecil.

Sedikitnya riset medis terkait pijat prostat membuat terapi ini masih kontroversial. Anda mungkin juga akan cenderung sulit menemukan yang menyediakan terapi ini.

Manfaat pijat prostat 

Walau masih diperlukan studi medis lebih lanjut, memijat prostat diyakini beberapa pihak memiliki manfaat berikut ini:

1. Membantu membersihkan saluran prostat
Pijat prostat dianggap mampu membantu membersihkan saluran prostat. Saluran ini mengalir di antara prostat dengan sistem reproduksi dan kemih pria. 

Memijat bagian organ penghasil air mani ini diyakini dapat menghasilkan cairan tertentu, yang kemudian membantu membersihkan saluran prostat.

2. Mengatasi rasa sakit saat ejakulasi 
Sakit saat ejakulasi bisa terjadi karena saluran reproduksi terhambat. Prostate massage diyakini dapat mengatasi penumpukan cairan pada organ tersebut yang ditengarai menjadi penyebabnya. 

Ini karena memijat prostat diyakini bisa membersihkan saluran prostat. Dengan demikian, penumpukan cairan dapat hilang guna meredakan sakit.

3. Membantu menangani disfungsi ereksi
Dahulu, banyak pria menjalani terapi pijat dan stimulasi prostat untuk mengatasi disfungsi ereksi, alias impotensi. 

Hingga saat ini pula, beberapa pria masih memilih memijat prostat yang dikombinasikan dengan opsi perawatan disfungsi ereksi lainnya. Perawatan disfungsi ereksi lain tersebut termasuk:

- Obat-obatan
- Pompa 
- Implan

4. Membantu melancarkan aliran urine
Prostat merupakan kelenjar yang mengelilingi saluran uretra. Apabila terjadi pembengkakan dan peradangan pada prostat, kondisi ini dapat mengganggu atau bahkan menghambat buang air kecil. 

Memijat prostat disebut dapat mengurangi pembengkakan. Dengan begitu aliran urine akan menjadi lebih lancar.

5. Mengatasi peradangan pada prostat (prostatitis)
Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Techniques in Urology mengungkapkan bahwa metode ini terbukti dapat meminimalisir tingkat keparahan prostatitis, yakni kondisi ketika prostat mengalami peradangan. Namun, efektivitas terapi ini dalam mengatasi penyakit prostat tersebut masih perlu dibuktikan lebih lanjut

Sementara itu, belum dapat dipastikan juga apakah terapi ini dapat membantu mencegah penyebaran kanker prostat seperti yang dipercaya beberapa kalangan pria.


Bagaimana melakukan pijat prostat?

Pada prinsipnya, prostate massage mirip dengan colok dubur atau digital rectal exam (DRE). DRE dilakukan oleh ahli urologi untuk memeriksa jika adanya benjolan, perubahan, atau tanda-tanda kemungkinan kanker di area dubur seseorang.

Biasanya juga dapat melakukan DRE untuk mengecek sekresi prostat yang dapat diperiksa lebih lanjut, jika ada tanda-tanda prostatitis, infeksi, atau gangguan lainnya.

Berikut ini cara pijat prostat yang akan dilakukan terhadap pasien:

Pertama menggunakan sarung tangan dan memasukkan jari yang telah dilumuri pelumas ke dalam dubur pasien. Kemudian, dengan perlahan dan lembut akan menekan atau memijat prostat dengan alat pijat prostat selama beberapa menit.

Sampaikan jika Anda merasakan sakit saat dipijat. Meski demikian, biasanya, terapi ini tidak menyakitkan walau akan muncul rasa tidak nyaman di awal.

Frekuensi menjalani pijat kelenjar prostat akan bergantung pada preferensi pasien dan pertimbangan dokter.

Beberapa pasien mungkin menghadiri beberapa sesi pemijatan setiap minggu selama satu bulan. Kemudian, pasien akan dapat mengurangi jumlah kunjungan.

Risiko pijat kelenjar prostat, adakah?

Terapi pijat kelenjar prostat yang dilakukan oleh orang tak terlatih dapat membahayakan sistem reproduksi pasien. Memijat prostat terlalu keras atau dengan banyak tekanan juga berisiko meningkatkan gejala pada masalah reproduksi, atau malah menyebabkan masalah baru.

Oleh sebab itu, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu apabila ingin memijat kelenjar prostat Anda. Jangan memercayakan orang yang tidak memiliki kompetensi untuk melakukan hal ini.


Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang  program terapi di klinik hati atau membutuhkan saran layanan terapi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami secara online. Penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Bisa datang kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.


Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233


Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami.


Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik, melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. 


0 Komentar