Kebiasaan yang Bikin Kesehatan Terganggu Saat Berpuasa

kesehatan terganggu saat berpuasa

 

Kebiasaan yang Bikin Kesehatan Terganggu Saat Berpuasa



Puasa adalah kewajiban bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain bersifat wajib, puasa juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Namun ada beberapa kebiasaan ketika dilakukan malah bisa membuat kesehatan menurun ketika puasa.

Dari beberapa terkait kebiasaan di bulan puasa yang sebaiknya dihindari oleh umat Muslim guna menjaga kesehatan dirinya:

1. Makan berlebihan

Biasanya, sebagian orang langsung mengkonsumsi makanan setelah berbuka puasa. Apalagi, melihat minuman manis dan gorengan yang membuat dirinya kalap. Pasalnya, ia berbuka puasa tidak sesuai ketentuan. Melainkan, berbuka puasa dengan terburu-buru dan porsi makan yang besar.

Padahal, hal tersebut tidak dianjurkan karena lambung akan dipaksa untuk bekerja. Setelahnya, perut akan merasa tidak nyaman, begah, dan mual. Maka dari itu, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan.


2. Mengkonsumsi makanan berminyak

Menu yang wajib ada saat berbuka puasa adalah gorengan. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering, makanan ini justru membuat tubuh menjadi lemas. Tak hanya itu, ternyata gorengan juga membuat berat badan naik akibat rasa lapar yang cepat.

Mengkonsumsi makanan yang berminyak setelah seharian penuh berpuasa justru menyebabkan masalah pada pencernaan. Maka dari itu, umat muslim dapat mengkonsumsi kurma dengan bilangan ganjil dan air putih setelah berbuka puasa. Setelah menjalankan sholat magrib, bisa mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang.

3. Tidak sahur

Rasa kantuk dan malas bangun pagi sering membuat kita melewatkan makan sahur. Padahal, ketika kita melewatkan sahur, tubuh akan terasa lemas, kurang gula darah, dan dehidrasi akibat cadangan nutrisi dan energi tidak cukup hingga waktu berbuka.

Usahakan untuk selalu sahur agar tubuh tetap berenergi dengan mengkonsumsi makanan seimbang. Jika, seseorang tidak mengkonsumsi makanan seimbang mengakibatkan adanya defiensi protein dan kekurangan vitamin.


Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang  program terapi di klinik hati atau membutuhkan saran layanan terapi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami secara online. Penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Bisa datang kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.


Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233



Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami.


Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik, melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. 



0 Komentar