Punya Masalah Pencernaan? Konsumsi Rutin 5 Minuman Sehat Ini

Minuman sehat

 

Saat kesehatan usus memburuk, biasanya diikuti dengan gangguan pencernaan. Untuk melancarkan pencernaan, kamu bisa rutin mengonsumsi minuman sehat ini.


Kesehatan usus yang terganggu bisa menyebabkan pencernaan menjadi tak lancar. Akibatnya perut menjadi sembelit dan menimbulkan rasa tak nyaman.


Pencernaan bisa lancar kalau rutin mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Ada juga minuman yang dapat dikonsumsi rutin untuk melancarkan pencernaan. Seperti air putih, kombucha, hingga air kelapa muda.


Berikut 5 minuman sehat yang dapat melancarkan pencernaan:

1. Air Putih

Air putih memang minuman yang paling sehat di antara lainnya. Setiap orang juga dianjurkan mengonsumsi air putih minimal 2 liter per hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.


Jamie Nadeau, seorang ahli gizi yang juga pemilik The Balanced Nutritionist mengungkapkan pentingnya mengonsumsi air putih. "Minuman terbaik untuk pencernaan adalah air putih," ungkapnya.


"Tetap terhidrasi dan minum cukup air putih dapat membantu memecah makanan dan memindahkannya melalui sistem pencernaan secara efisien sehingga dapat buang air besar secara teratur. Ketika mengalami konstipasi atau buang air besar tidak teratur, kamu mungkin akan merasa kembung," lanjutnya.


Nadeau juga menyarankan bisa menambahkan jus lemon kalau ingin rasanya lebih nikmat. Lemon juga baik dalam meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung zat antioksidan.


2. Kombucha

Kombucha merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari teh hitam dan gula dengan menggunakan bakteri dan ragi. Kemudian difermentasi selama 8-12 hari.


Minuman ini banyak ditemukan di China, Rusia, Korea, dan Jepang. Kombucha memiliki rasa asam dan aroma yang menyengat. Belakangan kombucha menjadi tren minuman sehat dan dikreasikan dengan beragam rasa, karena menyimpan beragam manfaat untuk tubuh.


Salah satunya bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan, karena mengandung probiotik. Lisa Richards, seorang ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi kombucha yang rendah gula.


3. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda juga menjadi minuman yang kaya manfaat. Selain menyegarkan untuk dahaga, air kelapa juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.


Kandungan air kelapa di antaranya adalah zat antibakteri, zat antioksidan, elektrolit, vitamin C, hingga kalsium. Rachelle Caves, selaku ahli diet menjelaskan kalau air kelapa mengandung mineral seperti potasium dan magnesium yang baik dalam meningkatkan kesehatan pencernaan.


4. Minuman Kunyit

Kunyit biasa digunakan oleh orang Indonesia sebagai rempah untuk masakan dan minuman tradisional. Kunyit menjadi salah satu bumbu untuk memasak gulai, nasi kuning, dan lainnya. Jamu kunyit asam juga salah satu yang umum ditemui di Indonesia.


Jika mengonsumsi minuman kunyit, kesehatan usus akan terjaga dan pencernaan menjadi lancar. Hal ini dikarenakan, kunyit mengandung curcumin yang dapat merangsang kantong empedu untuk menghasilkan empedu yang mana membantu memperbaiki pencernaan.


Paulina Lee, selaku ahli diet mengatakan, "Kemampuan zat anti-inflamasi pada kunyit yang kuat dapat memerangi peradangan di lapisan usus dan seluruh tubuh."


5. Teh Jahe

Jahe biasanya digunakan sebagai rempah untuk masakan. Rimpang beraroma tajam yang memiliki sensasi hangat ini juga kerap digunakan sebagai obat tradisional.


Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi berbagai gejala kondisi pencernaan, seperti refluks asam, kembung, dan dispepsia. Rhyan Geiger, selaku ahli diet juga menjelaskan kalau jahe sangat baik untuk membantu memperlancar pencernaan tubuh.


Saat perut sedang sembelit, kamu bisa menggunakan jahe untuk racikan teh yang hangat. Caranya cukup merendam jahe di dalam air panas selama 10 menit.



Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang  program terapi di klinik hati atau membutuhkan saran layanan terapi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami secara online. Penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Bisa datang kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.



Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233



Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami.



Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik, melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. 



0 Komentar