Cuaca Dingin Membuat Buang Air Kecil Terus Apa Penyebabnya

cuaca dingin

 

Cuaca Dingin Membuat Buang Air Kecil Terus, Apa Penyebabnya ?


Cuaca dingin yang terjadi di musim hujan seperti saat ini bisa bikin kamu mudah buang air kecil. Tak cuma sekali saja, tapi bisa bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil.


Nah, apakah tahu mengapa kita selalu ingin ke "belakang" ketika cuaca terasa dingin?


Ternyata ada dua alasan utama yang mendasari hal tersebut menurut Associate Professor of Science & Medicine, Bond University, Australia, Christian Moro. Kedua alasan itu adalah gaya hidup yang berubah dan sistem tubuh dalam melindungi organ dalam manusia.


Alasan Buang Air Kecil Berlebihan di Cuaca Dingin


1. Gaya Hidup Berubah


Selama musim panas, manusia lebih banyak menghabiskan waktunya di luar ruangan dan lebih aktif.


Akibatnya, kita lebih banyak berkeringat untuk menghilangkan panas di dalam tubuh serta mudah mengalami dehidrasi jika tidak cukup minum air.


Banyaknya aktivitas tentu berdampak dalam seberapa banyak tubuh mengeluarkan cairan. Karena cairan bisa keluar melalui keringat, volume urine manusia sering berkurang karenanya.


Namun, di musim dingin seseorang lebih sering berada di dalam ruangan. Sehingga kita cenderung terhidrasi, kurang aktif, dan lebih sedikit berkeringat.


Dengan demikian, manusia cenderung memiliki lebih banyak cairan yang tertampung dan hanya bisa dikeluarkan melalui urine atau buang air kecil.


2. Aktifnya Sistem Tubuh


Meski tak sadar, ternyata tubuh memiliki reaksi yang sangat cepat terkait perubahan loh. Ketika kedinginan, tubuh akan memiliki respons yang cepat dalam melindungi organ dalam kita dengan beberapa cara.


Salah satunya dengan sistem "cold-induced diuresis" atau peningkatan ekskresi urine sebagai respons terhadap dingin. Saat mulai merasa dingin, darah akan dialihkan peredarannya dari kulit. Hal itu dilakukan agar hawa panas yang dibawa darah tidak terpapar udara luar.


Sebaliknya, darah akan mengalir melalui organ darah terutama ginjal. Karena dialiri dengan volume yang besar, ginjal mengalami tekanan yang lebih tinggi.


Tekanan ini membuat ginjal harus bekerja ekstra melakukan tugasnya dan berdampak pada laju ekskresi urine yang meningkat. Untuk itulah bisa ingin kencing dalam beberapa kali.


Apa yang Harus Dilakukan?

Pada dasarnya rasa ingin kencing secara terus-menerus karena cuaca dingin adalah respon alami tubuh. Namun pola makan, usia, tekanan darah hingga situasi pribadi juga dapat mempengaruhi seberapa banyak kita buang air kecil saat kedinginan.


1. Cari Tempat Hangat


Buang air kecil yang berlebih juga bisa dijelaskan sebagai tanda seseorang mengalami hipotermia. Cara untuk mengatasinya hanyalah satu yakni temukan tempat yang jauh dari hawa dingin dan hangatkan tubuh secara perlahan.


Namun, bila rasa ingin kencing terus menerus ini disertai gejala lain seperti menggigil parah, kesulitan bernapas, atau kebingungan segera dapatkan bantuan medis secepatnya.


2. Tetap Pertahankan Cairan


Meski di musim dingin tidak sering merasa haus, pastikan untuk tetap meminum air yang cukup di siang hari. Memang, dengan tidak minum terhindar dari rasa ingin kencing terus menerus.


Namun, tak menyeimbangkan tubuh dengan cairan juga dapat menyebabkan dehidrasi di tubuh. Akibatnya akan ada permasalahan kesehatan lebih lanjut karena hal itu.


3. Pola Makan Sehat


Selain itu, juga pastikan untuk menjaga pola makan yang sehat. Sering buang air kecil dapat merusak keseimbangan garam alami tubuh kita, terutama natrium dan kalium.


Meskipun tubuh memiliki mekanisme yang membuat kita ingin kencing lebih banyak saat cuaca dingin, banyak orang tak memperhatikan ini. Padahal ketika hal ini terjadi, komposisi di dalam tubuh manusia ikut berubah.


Ketika sering kencing, jumlah kalsium juga ikut hilang melalui urine selama cuaca dingin. Terlebih manusia cenderung kurang aktif di musim dingin, berat badan bertambah, dan makan lebih banyak makanan siap saji atau yang diawetkan.


Dengan meningkatnya ketidakaktifan tubuh, risiko yang lebih tinggi terkait kesehatan juga ikut meningkat. Karena hal ini, orang lebih rentan terkena batu ginjal selama musim dingin.


Untuk itu meski kita selalu ingin kencing, pastikan untuk tetap menjaga pola hidup sehat, tetap hangat dan jangan lupa untuk tetap terhidrasi meski cuaca sedang dingin ya !



Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang  program terapi di klinik hati atau membutuhkan saran layanan terapi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami secara online. Penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Bisa datang kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.



Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233



Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami.



Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik, melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. Dan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, sabar dan bersyukur.

 


Sekian dan terimakasih atas waktunya.


0 Komentar