Penyebab Alergi Dingin, Gejala, dan Cara Mengobatinya


 

Assalamualaikum Wb.Wb


Alergi dingin atau disebut juga cold urticaria adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami perubahan reaksi tubuh terhadap udara dingin. Umumnya reaksi ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan mungkin bakal mengganggu aktivitas kalian. Namun, jangan khawatir. Apabila kalian memiliki alergi dingin, ada beberapa cara ampuh untuk menyembuhkannya.


Walaupun bisa diobati, tetapi kalian juga harus memahami faktor penyebab alergi dingin. Sehingga kalian bisa menghindari atau meminimalkan efek negatif yang mengganggu ketika menghadapi situasi dingin serupa. Lantas, apa penyebab seseorang mengalami alergi dingin? Lalu apa saja gejalanya? Simak penjelasannya dalam artikel ini yuk.


Penyebab Alergi Dingin

Alergi dingin dapat terjadi karena berbagai macam sebab. Sebaiknya kalian mengetahui apa penyebab timbulnya alergi dingin. Tujuannya agar kalian bisa meminimalisir efek tidak nyaman yang ditimbulkan dari udara dingin tersebut. Berikut sejumlah penyebab mengapa seseorang bisa mengalami alergi dingin.


1. Pergi ke luar ruangan dalam cuaca yang lebih dingin daripada biasanya.

2. Berenang atau mandi di air yang sangat dingin.

3. Memasuki ruangan ber-AC dengan suhu yang sangat dingin.

4. Mengalami infeksi pneumonia atau radang paru-paru.

5. Menderita sejumlah penyakit tertentu seperti hepatitis dan autoimun.

6. Faktor keturunan.


Secara umum, seseorang bisa mengalami alergi dingin ketika suhu udara berada di angka 4 derajat Celcius. Namun dalam sejumlah kasus, banyak orang yang sudah mengalami alergi dingin ketika suhu udara masih di angka 8-10 derajat Celcius. Ini dikarenakan tingkat toleransi manusia terhadap suhu dingin berbeda-beda.


Gejala yang Sering Dirasakan Saat Alergi Dingin


Ketika mengalami alergi dingin, akan merasakan sejumlah gejala pada tubuh. Berikut gejala yang sering dirasakan saat mengalami alergi dingin.


1. Rasa Gatal

Salah satu gejala paling umum ketika terserang alergi dingin adalah mengalami gatal-gatal pada area kulit tertentu. Selain gatal, kulit kalian akan mengalami bentol-bentol kemerahan yang disebabkan oleh suhu udara dingin.


2. Tangan Membengkak

Saat memegang sebuah benda yang dingin, tangan manusia bisa membengkak dan muncul kemerahan di sekitar telapak tangan. Hal ini terjadi karena kulit di telapak tangan manusia tidak bisa menahan suhu udara dingin terlalu lama, sehingga menimbulkan alergi. Bila kalian diharuskan membawa barang yang dingin, sebaiknya gunakan sarung tangan tebal agar suhu dingin tidak langsung mengenai permukaan kulit.


3. Bibir Bengkak

Alergi dingin juga bisa terjadi ketika kalian mengkonsumsi makanan atau minuman yang lebih dingin daripada biasanya. Hal tersebut menyebabkan bibir dan tenggorokan membengkak. Bahkan dalam sejumlah kasus, seseorang bisa sulit menelan makanan dan mengalami sesak napas.


Cara Mengobati Alergi Dingin

Bagi sebagian orang, terserang alergi dingin dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi tenang, ada sejumlah cara untuk mengobati alergi dingin.


Umumnya alergi dingin berlangsung kurang lebih selama dua jam. Jika pada kulitmu masih muncul bentol-bentol dan terasa gatal selama dua hari berturut-turut, sebaiknya segera pergi ke klinik untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Sebenarnya, ada beberapa rekomendasi terapi yang dapat mengobati alergi dingin. Namun, tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas tersebut tanpa resep dokter. Tanpa pemeriksaan, kita tidak tahu seberapa parah alergi dingin yang menyerang tubuh. Jika salah mengkonsumsi obat, hal tersebut justru dapat berakibat fatal dan berisiko menimbulkan masalah kesehatan lain.


Sebagai informasi, alergi dingin yang cukup parah dapat menyebabkan syok anafilaktik. Hal ini terjadi karena seluruh tubuh sudah terpapar suhu dingin, misalnya terlalu lama berenang di air dingin. Seseorang yang mengalami syok anafilaktik umumnya mengalami gejala seperti sesak napas, muka bengkak, jantung berdebar kencang, dan keringat dingin. Jika ini terjadi pada teman atau keluarga kalian, segera larikan orang tersebut ke rumah sakit.


Cara Mencegah Alergi Dingin

Alergi dingin dapat dihindari. Jika kalian merasa memiliki alergi dingin, lakukan cara mencegah alergi dingin di bawah ini agar tidak merasakan efek negatif dari hawa dingin berlebih.


1. Mandi dengan air hangat.

Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang dingin agar tenggorokan tidak membengkak.

2. Melindungi kulit dari paparan udara, air, atau benda yang dingin dengan menggunakan baju atau celana panjang.

3. Gunakan pakaian yang hangat ketika mengunjungi suatu daerah yang suhu udaranya dingin.

4. Mengkonsumsi obat pencegah alergi dingin sesuai dengan anjuran dokter.


Nah, itu dia penjelasan mengenai penyebab alergi dingin beserta gejala dan cara mengobatinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi detikers dalam memahami apa itu alergi dingin serta berbagai gejalanya.



Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang  program terapi di klinik hati atau membutuhkan saran layanan terapi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami secara online. Penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Bisa datang kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.



Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233



Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami.



Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik, melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. Dan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, sabar dan bersyukur.

 


Sekian dan terimakasih atas waktunya.



Wa'alaikumsalam Wr. Wb.


0 Komentar