Apa itu Terapi Gelombang Otak Dan Bagaimana Cara Kerjanya


 

Assalamualaikum Wb.Wb

Ketika berbicara tentang musik, Anda mungkin punya playlist untuk tiap jenis suasana hati Anda. Misalnya, lagu pop 90-an jika ingin nostalgia atau musik jazz untuk bersantai.

Namun bila Anda ingin meredakan stres, meningkatkan fokus, dan tidur lebih nyenyak, Anda mungkin bisa mencoba teknologi suara bernama binaural beats.

Binaural adalah terapi yang juga dikenal dengan istilah terapi gelombang otak dan bukan termasuk genre musik. Walau demikian, Anda tetap bisa menggunakan suara-suara yang dihasilkannya sebagai alat untuk penyembuhan. Penasaran? Mari simak penjelasan lengkapnya di sini.  

Apa itu terapi gelombang otak?

Dewasa ini, banyak orang telah kehilangan hubungan dengan elemen-elemen alam. Orang mungkin sudah jarang menjadikan terapi, seperti sound healing untuk penyembuhan. Namun terapi suara sebenarnya bisa dijadikan sebagai pendamping pengobatan medis yang baik.

Jika Anda pernah melakukan pencarian online mengenai ‘cara menghilangkan stres’, kemungkinan Anda sudah sempat mendengar tentang salah satu penyembuhan lewat suara yang bernama terapi gelombang otak atau binaural beats.

Terapi gelombang otak adalah teknik yang menggabungkan dua frekuensi suara yang sedikit berbeda, untuk menghasilkan persepsi frekuensi yang baru.

Pada terapi ini, frekuensi dua nada tersebut harus kurang dari 1.000 Hertz (Hz), dan selisih antara kedua nada tidak boleh lebih dari 30 Hz. Nada juga harus didengarkan secara terpisah melalui masing-masing telinga.

Sebagai contoh, suara di telinga kiri Anda memiliki frekuensi 132 Hz, sementara telinga kanan mendengarkan suara berfrekuensi 121 Hz. Alih-alih mendengar dua nada yang berbeda, telinga Anda akan menangkap nada 11 Hz, yang merupakan selisih antara dua frekuensi ini.

Kini, binaural beats tersedia di beberapa layanan streaming musik dan YouTube. Anda pun  bisa mendengarkannya langsung melalui headphone atau earbud. Ada binaural beats untuk meningkatkan fokus, meredakan stres, menemani latihan yoga, dan lainnya. 

Apa saja manfaat terapi gelombang otak?

Terapi gelombang otak diklaim memiliki efek yang sama dengan meditasi. Latihan meditasi secara teratur diketahui dapat mengurangi stres, meningkatkan fokus, dan memperlambat penurunan daya ingat.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk meditasi setiap hari. Karena itu, meraka lebih memilih mendengarkan binaural beats yang mungkin dianggap lebih praktis.

Berikut adalah potensi manfaat binaural beats yang bisa Anda dapatkan:


- Mengurangi stres dan rasa cemas

- Meningkatkan konsentrasi

- Membuat lebih percaya diri

- Mempertajam daya ingat

- Membantu meditasi

- Meredakan nyeri

- Memacu kreativitas


Namun seorang ahli saraf mengatakan bahwa manfaat terapi gelombang otak sebenarnya masih belum terlalu jelas.

Binaural beats mungkin baik untuk musik meditasi atau saat santai. Namun kemampuan suara-suara tersebut dalam meningkatkan konsentrasi atau kepercayaan diri seseorang masih perlu dipertanyakan.

Bagaimana cara mengoptimalkan terapi gelombang otak?

Ingin bereksperimen dengan terapi gelombang otak? Mudah saja, Anda hanya butuh suasana yang tenang, audio, dan headphone atau earbud. Pastikan frekuensinya kurang dari 1000 Hz, dan perbedaan antara kedua nada tidak lebih dari 30 Hz.

Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa jenis gelombang yang dihasilkan otak manusia, yakni delta, theta, alpha, dan beta.

Setiap gelombang otak tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Ada yang mendorong Anda untuk rileks, dan ada pula yang membuat Anda lebih fokus.

Anda dapat mengoperasikan efek yang dihasilkan oleh gelombang otak tersebut dengan menggunakan binaural beats. Berikut penjelasannya:


1. Kisaran delta (1-4 Hz) bisa membuat Anda lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

2. Kisaran theta (4-8 Hz) diyakini bisa meredakan kecemasan dan bagus untuk meditasi.

3. Kisaran alpha (8-13 Hz) dapat membangkitkan perasaan positif sekaligus menurunkan kecemasan.

4. Kisaran beta (14-30 Hz) dihubungkan dengan peningkatan konsentrasi dan daya ingat.


Lakukan terapi gelombang otak ini dalam keadaan tenang di ruangan yang jauh dari bising. Dengarkan setidaknya selama 30 menit per hari untuk memastikan frekuensi nadanya benar-benar selaras dengan otak Anda. Anda juga bisa mendengarkannya lebih lama, sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah Anda tidak boleh melakukan terapi gelombang otak saat sedang menyetir atau melakukan pekerjaan lain yang membutuhkan konsentrasi. Jadi pastikan Anda benar-benar dalam keadaan rileks saat mendengarkan binaural beats. 

Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang  program terapi di klinik hati atau membutuhkan saran layanan terapi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami secara online. Penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Bisa datang kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.

Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233

Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami.

Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik,  melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. Dan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, sabar dan bersyukur.

Sekian dan terimakasih atas waktunya.



Wa'alaikumsalam Wr. Wb.


0 Komentar