15 Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Beraktivitas


 

Assalamualaikum Wb.Wb


Apakah kamu sering merasa ngantuk di tengah-tengah hari saat beraktivitas? Kalau hanya sekali atau dua kali, mungkin tidak masalah. Tapi kalau terlalu sering, hal itu bisa mengganggu produktivitas kita lho. Kita jadi sulit berkonsentrasi dan pekerjaan atau kegiatan kita tak kunjung selesai.


Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu penyebab mengapa kita ngantuk saat beraktivitas. Setelah diketahui penyebabnya, kita bisa melakukan cara-cara berikut agar tidak mudah ngantuk saat beraktivitas. Makanya simak artikel ini sampai akhir ya.


Penyebab Tubuh Mudah Ngantuk

Ada banyak penyebab tubuh menjadi mudah ngantuk. Berikut ulasannya dikutip dari situs Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta dan arsip detikBali.


1. Kekurangan Kalori dan Zat Gizi

Kurangnya asupan kalori dan nutrisi dapat membuat tubuh mudah lelah dan lemas, yang berakibat juga pada munculnya rasa mengantuk. Rasa mengantuk ini merupakan sinyal dari tubuh untuk beristirahat karena tubuh tidak punya cukup tenaga.


2. Aktivitas Berlebihan

Ngantuk juga bisa muncul ketika aktivitas kita terlalu banyak. Aktivitas berlebihan tanpa istirahat cukup dapat membuat tubuh kita kelelahan karena kalori dan nutrisi dalam tubuh terkuras.


3. Kekurangan Air

Kurang minum dapat membuat seseorang ngantuk, lho. Kurangnya cairan atau dehidrasi bisa membuat metabolisme menjadi tidak lancar sehingga tubuh jadi lemas. Selain itu, kekurangan cairan juga bisa menurunkan konsentrasi dan fokus sehingga sulit bagi kita untuk beraktivitas secara optimal.


4. Kekurangan Suplai Oksigen

Tidak hanya kalori dan air, suplai oksigen juga penting untuk tubuh. Kurangnya kadar oksigen dalam tubuh dapat membuat kerja otak kurang maksimal dan akhirnya membuat kita sulit fokus dalam beraktivitas. Salah satu tandanya adalah dengan rasa ngantuk.


5. Makan Berlebihan

Mungkin banyak di antara yang ngantuk usai makan banyak. Kekurangan kalori dan nutrisi memang bisa membuat ngantuk, tapi kelebihan asupan kalori juga bisa menyebabkan kantuk yang sama. Hal ini karena kerja pencernaan lebih berat untuk mencerna kalori yang sangat banyak itu sehingga tubuh menjadi lemas dan ngantuk.


6. Kurang Tidur

Obat ngantuk adalah tidur. Jadi kalau kita kurang tidur atau mengalami gangguan tidur saat malam, maka kita akan lebih mudah terserang ngantuk saat beraktivitas di siang hari.


7. Tekanan Darah Rendah dan Anemia

Kurang darah dan tekanan darah rendah adalah dua hal berbeda, tetapi sama-sama bisa menyebabkan kantuk berlebih. Kurangnya darah berpengaruh pada distribusi oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Seperti dijelaskan sebelumnya, kurangnya oksigen dapat menimbulkan kantuk.


8. Depresi

Salah satu gejala depresi yang mungkin muncul adalah rasa ngantuk yang terlalu sering. Hal ini karena orang depresi tidak memiliki semangat dan selalu merasa kekurangan tenaga. Namun, depresi tidak selalu ditandai dengan sering mengantuk. Ini hanya salah satu kemungkinan. Segera konsultasi dengan profesional untuk diagnosis yang benar.


9. Minuman Beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol ternyata berkontribusi pada rasa kantuk berlebih. Sebab, alkohol bisa mengacaukan pola tidur seseorang yang berakibat pada kualitas tidur yang buruk.


10. Diabetes Tipe 2

Orang yang mengidap diabetes tipe 2 tidak dapat menggunakan insulin secara benar, sehingga menimbulkan kelelahan esktrem dan akhirnya membuat seseorang lebih sering mengantuk.


Cara Menghilangkan Ngantuk yang Efektif

Hal pertama yang kita pikirkan ketika ngantuk adalah tidur. Namun, tentu kita tidak bisa asal tidur saat masih beraktivitas. Lalu bagaimana supaya rasa ngantuk itu hilang dan tidak menghambat aktivitas kita? Berikut 15 cara ampuh agar tidak ngantuk.


1. Tarik Napas

Hal pertama yang bisa kita lakukan saat mulai ngantuk adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Tujuannya untuk menambah asupan oksigen ke dalam tubuh, khususnya otak. Sebab, kemungkinan kita merasa ngantuk karena tidak mendapat cukup asupan oksigen.


2. Minum Air

Karena salah satu penyebab ngantuk adalah kurang cairan, maka kita bisa mengatasinya dengan minum air secukupnya. Asupan cairan yang cukup dapat memperlancar metabolisme sehingga rasa ngantuk bisa berkurang.


3. Power Nap

Istilah ini cukup populer belakangan. Power nap adalah tidur siang dalam waktu singkat. Power nap dapat dijalankan selama 15-30 menit saja. Kendati sebentar, tetapi hal ini dapat mengembalikan energi tubuh kita dan mengusir rasa ngantuk. Lakukan saat ada waktu senggang yang cukup, ya.


4. Menggerakkan Badan

Kita mungkin merasa ngantuk karena minim gerak. Apalagi jika aktivitasmu adalah kerja di balik meja, sangat mungkin mengantuk di tengah pekerjaan. Untuk mengusir rasa ngantuk, gerak-gerakkan badanmu sehingga peredaran darah lebih lancar.


5. Makan Siang Secukupnya

Ketika makan siang, jangan makan terlalu banyak. Kurangi porsi makanmu yang biasanya. Jika perlu, hindari gula dan karbohidrat terlalu banyak supaya kinerja pencernaan tidak terlalu berat.


6. Cuci Muka dengan Air Dingin

Cara ini biasanya disarankan oleh guru ketika kita sekolah dulu. Cuci muka diyakini bisa membuat kita lebih segar dan tidak mengantuk lagi karena sensasi dingin dari air.


7. Konsumsi Kafein

Kafein bisa meningkatkan kinerja otak. Makanya banyak orang yang memilih ngopi atau minum teh ketika mulai ngantuk untuk menambah asupan kafein sehingga bisa melanjutkan aktivitas. Tapi konsumsi kafeinnya jangan berlebihan ya, karena justru akan membuat tubuh bereaksi berlebih dan mengganggu aktivitas serta berpengaruh pada pola tidur malam hari.


8. Mendengarkan Musik

Rasa ngantuk biasanya muncul karena bosan. Untuk mengatasi rasa bosan itu, kita bisa mendengarkan musik atau lagu yang kita sukai. Sebaiknya pilih musik dan lagu yang meningkatkan produktivitas seperti musik yang ceria atau musik repetitif yang membantu meningkatkan konsentrasi. Volumenya jangan terlalu keras, ya.


9. Menambah Penerangan

Mungkin ruangan tempatmu beraktivitas cukup redup sehingga membuatmu mengantuk. Carilah tempat yang lebih terang atau naikkan pencahayaan di ruangan kerjamu untuk mengatasi rasa ngantuk. Kamu juga bisa keluar ruangan sebentar supaya terpapar cahaya matahari yang terang alami.


10. Jangan Lewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan ternyata berpengaruh pada tingginya rasa ngantuk kita saat bekerja siang hari lho. Tanpa sarapan, kita cenderung makan siang lebih banyak dan akhirnya kelebihan kalori pada satu waktu. Karena itu, sebaiknya jangan lewatkan sarapan supaya asupan kalori tetap stabil sepanjang hari.


11. Mengobrol

Jangan diam saja ketika ngantuk mulai menyerang. Cobalah untuk mengalihkan rasa ngantuk dengan cara mengobrol. Ajaklah temanmu berbincang-bincang ringan. Tentunya jangan sampai obrolan itu menghambat aktivitas kalian, ya.


12. Atur Waktu Tidur

Rasa ngantuk berlebih di siang hari bisa diakibatkan kurangnya waktu tidur di malam hari. Karena itu, sebaiknya atur waktu tidur sehingga kita mendapat porsi tidur yang cukup sepanjang malam. Sehingga ketika bangun pagi, badan kita benar-benar segar dan siap beraktivitas.


13. Cari Kesibukan Lain

Hampir sama dengan mengobrol, carilah kesibukan lain yang bisa kamu lakukan supaya tidak terlena dengan rasa ngantuk. Jika pekerjaanmu sendiri sudah selesai, mungkin kamu bisa mengisi waktu dengan membantu pekerjaan rekan, membereskan meja, dan lain-lain.


14. Mengunyah Permen Karet

Kamu juga bisa menyibukkan diri dengan mengunyah sesuatu. Bisa dengan permen karet supaya asupan kalorimu tidak bertambah setelah makan siang barusan. Gerakan peristaltik dapat membuatmu lebih fokus juga selama bekerja dan lupa pada rasa ngantukmu.


15. Bermain Ponsel

Menatap layar ponsel bisa membuatmu 'terbangun' dari rasa ngantuk. Apalagi kalau melihat postingan-postingan lucu. Tapi cara ini jangan sampai membuat kamu malah lupa bekerja, ya.


Cara Menghilangkan Ngantuk Ketika Berkendara

Selain saat bekerja, rasa ngantuk juga kerap menghinggap saat kita berkendara. Ini sangat-sangat berbahaya untuk keselamatan dan tidak disarankan berkendara saat ngantuk ya. Sebaiknya menepi dulu saat merasa ngantuk, baru kembali melanjutkan perjalanan ketika sudah tidak ngantuk.


Nah, berikut cara supaya tidak gampang ngantuk saat berkendara.


1. Minum secukupnya dan lakukan secara rutin supaya asupan cairan tubuh stabil dan kamu bisa tetap berkonsentrasi selama berkendara.

Berbincang-bincang dengan teman seperjalanan.

2. Lakukan gerakan pemanasan sebelum menyetir untuk memperlancar peredaran darah dan melemaskan otot-otot supaya tidak terlalu tegang.

3. Jika berkendara sendirian, nyalakan musik atau radio dan jangan sampai melamun.

Jangan minum alkohol sebelum berkendara.

4. Berhenti ketika merasa lelah dan isi kembali 'bensin' untuk tubuhmu dengan minum kopi, teh, atau makan camilan.

5. Jangan gunakan sabuk pengaman terlalu kencang supaya tidak menghambat pernapasan.

6. Jangan begadang sebelum menyetir. Istirahat yang cukup.


Itulah sederet tips dan cara menghilangkan ngantuk selama beraktivitas. Semoga bermanfaat dan jagalah pola tidur ya !



Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang  program terapi di klinik hati atau membutuhkan saran layanan terapi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami secara online. Penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Bisa datang kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.



Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233



Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami.



Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik,  melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. Dan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, sabar dan bersyukur.

 


Sekian dan terimakasih atas waktunya.



Wa'alaikumsalam Wr. Wb.


0 Komentar