6 Manfaat Olahraga Equestrian Bisa Jadi Terapi Kesehatan Mental


 

Assalamualaikum Wb.Wb


Equestrian adalah nama lain dari olaharaga berkuda. Bukan sekadar melatih kekuatan fisik seperti menjaga keseimbangan dan koordinasi, olahraga horseback riding ini juga merupakan terapi untuk kesehatan mental.


Bahkan, ada terapi bagi orang yang mengalami trauma emosional dengan memanfaatkan keberadaan kuda di dekatnya. Aktivitasnya meliputi merawat, memberi makan, atau menuntun kuda di bawah pengawasan pakar kesehatan mental.


Manfaat olahraga equestrian

Dibandingkan dengan olahraga lain semacam berenang atau bersepeda, equestrian memang bukan olahraga yang umum. Meski demikian, jika dikulik lebih jauh ada banyak sekali manfaat olahraga equestrian, yaitu:


1. Melatih keseimbangan

Duduk di atas kuda sembari mengendalikan gerakannya perlu keseimbangan luar biasa. Artinya, orang yang rutin berlatih equestrian akan mengasah kekuatan otot perut sekaligus meningkatkan keseimbangan dinamis dan statisnya.


Lebih jauh lagi, menurut studi yang dirilis tahun 2014 pada orang dewasa dan lansia yang tidak berpengalaman naik kuda, mereka merasakan peningkatan keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan setelah berpartisipasi dalam latihan semacam ini.


Ketika diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari, kondisi ini bisa mengurangi risiko cedera. Ini penting terutama bagi orang berusia lanjut yang manfaatnya bisa lebih serius ketika terjatuh.


2. Terapi kesehatan mental

Hipnoterapi adalah rehabilitasi kesehatan mental dengan bantuan kuda. Siapa saja bisa melakukannya, mulai dari anak dengan cerebral palsu, orang yang baru sembuh dari stroke, hingga mereka yang mengalami post-traumatic stress disorder (PTSD).


Bahkan, ada pula studi yang menemukan bahwa rehabilitasi dengan kuda dapat meningkatkan mood serta fokus pada anak dan orang dewasa dengan skizofrenia dan ADHD.


3. Meningkatkan kepercayaan diri

Berhadapan langsung dengan kuda yang gagah serta besar dalam sebuah sesi terapi bisa menimbulkan rasa terintimidasi. Meski demikian, ketika mulai terbiasa maka akan muncul kemampuan untuk mengendalikan emosi dan lebih percaya diri.


Berinteraksi dengan kuda dalam olahraga equestrian juga memberikan wewenang sekaligus rasa tanggung jawab. Dari situlah equestrian sebagai proses terapi mental memberikan manfaat.


4. Mengenali emosi

Menariknya, manfaat olahraga equestrian lainnya adalah memberikan wadah bagi seseorang dari berbagai usia untuk mengenali emosi mereka. dalam equine-assisted psychotherapy, bahkan anak-anak 6 tahun hingga remaja berusia 18 tahun lebih tertarik berbicara tentang emosi mereka ketimbang terapi sesi bicara konvensional di klinik.


Lebih jauh lagi, mengenali emosi ini juga termasuk memproses emosi menyakitkan serta pengalaman traumatis. Ini bukan hanya berlaku bagi anak-anak dan remaja saja, namun juga orang dari berbagai usia.


Kelebihan lain dari olahraga berkuda adalah memberikan ruang yang aman bagi klien untuk mengenali emosi menyakitkan miliknya. Ada rasa damai ketika berinteraksi dengan kuda karena tak ada rasa terancam terhadap penilaian orang lain.


5. Memberikan respons interaktif

Kuda adalah hewan yang cukup sensitif terhadap gerakan dan emosi orang yang ada di dekatnya. Bahkan, kuda bisa menirukan emosi atau perilaku klien sehingga membuat klien dalam sesi terapi merasa lebih aman.


Lebih jauh lagi, interaksi semacam ini memberikan ruang bagi klien untuk semakin mengenali dirinya. Respons dari kuda memberikan peluang untuk memahami betul apa yang terjadi saat itu.


6. Sarana meditasi

Bukan hanya mengendarai kuda, beraktivitas di dekat hewan ini juga bisa membuat seseorang terhanyut dalam perasaannya. Rasanya bagaikan sedang melakukan teknik meditasi dengan cara yang tak biasa. Bonusnya, akan ada rasa bahagia dan senang ketika kedekatan terbangun dengan seekor kuda.


Manfaat equestrian untuk kesehatan mental

Terapi dengan kuda cukup efektif mengatasi beberapa kondisi gangguan mental, seperti:


1. Cemas berlebih

Ada banyak jenis kecemasan berlebih mulai dari fobia berada di keramaian (agoraphobia), serangan panik, hingga fobia spesifik lainnya yang menjebak seseorang dalam kekhawatiran. Baik tentang masa lalu maupun masa depan.


Terapi dengan kuda bisa memberikan peluang bagi klien untuk tetap fokus dengan kondisinya saat ini. Oleh sebab itu, memproses emosi lewat interaksi dengan kuda bisa jadi lebih mudah ketimbang berbicara terbuka tentang perasaannya.


2. PTSD

Post-traumatic stress disorder atau PTSD bisa menghambat hari-hari seseorang apabila cukup signifikan. Pemicunya mulai dari trauma masa lalu hingga pikiran-pikiran negatif.


Menariknya, banyak veteran yang mengikuti terapi dengan kuda dan merasa lebih bisa terbuka pada orang lain. Koneksi personal pun lebih terasa.


3. Kecanduan

Dalam membantu terapi orang yang mengalami kecanduan, interaksi dengan kuda bisa memberikan rasa aman. Tujuan dari terapi untuk orang yang kecanduan adalah membantunya agar sadar dan menjalani kehidupan produktif. Tak hanya itu, manfaat equestrian juga bisa membenahi kusutnya hubungan dengan orang terdekat.


4. ADHD

Dalam terapi bersama kuda, seseorang terlatih untuk fokus, mengenali reaksi di sekitarnya, hingga mengenali batasan-batasan. Dalam sebuah studi komparatif yang dipublikasikan di Journal for Creativity in Mental Health, melibatkan kuda dalam terapi meningkatkan perilaku positif sekaligus mengurangi perilaku negatif.


Dari begitu banyaknya manfaat equestrian baik untuk kesehatan fisik maupun mental, tetap ada kemungkinan olahraga semacam ini tidak cocok bagi semua orang. Contohnya orang yang memiliki skoliosis, spina bifida, atau keluhan di punggung lainnya perlu berdiskusi dengan kami sebelum mencobanya.



Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang  program terapi di klinik hati atau membutuhkan saran layanan terapi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami secara online. Penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Bisa datang kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.



Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233



Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami ⁣⁣⁣⁣



Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik,  melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. Dan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, sabar dan bersyukur.

 


Sekian dan terimakasih atas waktunya.



Wa'alaikumsalam Wr. Wb.


0 Komentar