Kenali Cara Mengobati Stroke Ringan Melalui Terapi


 Assalamualaikum Wb.Wb

Apakah Anda pernah mendengarkan istilah ‘stroke ringan’ atau ‘mini-stroke’? Kondisi tersebut merujuk pada terputusnya peredaran darah ke otak secara sementara. Meskipun hanya berlangsung sebentar, tetapi stroke ringan tetap sama bahayanya dengan stroke biasa.

Stroke ringan bisa berkembang menjadi stroke secara permanen, karenanya stroke ringan bukanlah sesuatu yang boleh disepelekan. Anggaplah stroke ringan sebagai suatu peringatan bagi Anda untuk mengubah gaya hidup!

Apakah stroke ringan bisa disembuhkan?
Stroke ringan bisa disembuhkan dan ditanggulangi sebelum menjadi stroke secara permanen. Cara mengobati stroke ringan umumnya adalah dengan pemberian obat, tetapi beberapa terapi bisa menjadi alternatif untuk membantu Anda menjalani hidup setelah mengalami stroke ringan.

Segera hubungi Klinik Hati Nurul Iman jika Anda atau kerabat mengalami stroke ringan karena cara mengobati stroke ringan adalah dengan penanganan yang cepat dan tepat. Meskipun tidak menimbulkan efek yang permanen, tetapi stroke ringan tetap harus ditangani serupa dengan stroke biasanya.

Stroke ringan bisa disembuhkan dan ditanggulangi dengan pemeriksaan faktor-faktor yang bisa memicu stroke oleh terapis. Obat dan pergantian gaya hidup bisa memungkinkan stroke ringan bisa disembuhkan dan dicegah kemunculannya lagi.

Setelah stroke ringan
Cara mengobati stroke ringan yang paling umum adalah dengan pemberian obat atau terapi dan pergantian gaya hidup yang lebih baik. Anda bisa merasakan adanya perubahan permanen atau sementara yang perlu dilakukan.

Stroke ringan bisa disembuhkan secara perlahan asal Anda tidak memaksa diri untuk segera sembuh dan menerima bahwa stroke ringan bisa disembukan secara perlahan. Cara mengobati stroke ringan memerlukan waktu yang tidak singkat.

Anda mungkin baru akan merasakan efek dari cara mengobati stroke ringan pada tiga sampai empat bulan pertama, tetapi sebenarnya pengobatan stroke ringan bisa sampai setahun atau bahkan dua tahun.

Selama proses cara mengobati stroke ringan, jangan sungkan untuk membicarakan masalah yang dihadapi ataupun meminta tolong kepada kerabat untuk membantu dan mendukung Anda.

Prioritas utama Anda adalah untuk menjaga kesehatan dan mencegah munculnya stroke ringan ataupun stroke yang permanen.

Pola makan yang sehat yang seimbang dan menghindari makanan yang tinggi lemak dan gula, serta olahraga ringan adalah kunci dari cara mengobati stroke ringan. Stroke ringan bisa disembuhkan asal Anda teratur mengonsumsi obat / terapi sesuai dosis dan jadwal yang ditetapkan.

Jatuh sehabis stroke bisa saja terjadi, karenanya membuat lingkungan rumah menjadi aman adalah salah satu hal yang juga perlu dilakukan sementara Anda sedang dalam masa penyembuhan.

Misalnya, Anda dapat menggunakan sandal antiselip saat berada di rumah, menyingkirkan benda-benda yang berpotensi membuat jatuh, memasang pegangan di kamar mandi, dan menggunakan keset yang antiselip.

Cara mengobati stroke ringan dengan terapi
Terapi sebenarnya lebih berfokus pada memudahkan penderita untuk bisa beraktivitas secara normal kembali, tetapi terapi bisa menjadi salah satu jalan lain sebagai pendamping cara mengobati stroke ringan.

1. Terapi fisik
Kondisi fisik adalah salah satu hal yang perlu dijaga dan ditingkatkan kinerjanya setelah mengalami stroke ringan. Terapi fisik membantu penderita untuk bisa bergerak dengan aman dan mudah dengan cara menguatkan otot dan menyeimbangkan tubuh.

Terapi fisik juga dapat mengatasi ketegangan pada otot yang membuat penderita menjadi lebih leluasa dalam bergerak.

2. Terapi bahasa
Berkomunikasi dengan orang lain bisa menjadi kendala seusai mengalami stroke, di sinilah fungsi dari terapi bahasa. Sejatinya, terapi bahasa berguna untuk membantu penderita berkomunikasi dengan lancar.

Terapi bahasa meliputi meningkatkan memori, kemampuan mendengarkan, kemampuan memahami percakapan, serta kemampuan berbicara. Terapi bahasa juga bisa memudahkan penderita untuk menelan dan makan.

3, Terapi okupasi
Perubahan di rumah dan kantor dapat ditanggulangi dengan terapi okupasi yang membantu dengan mengajarkan penderita cara-cara baru untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti membersihkan kamar, dan sebagainya.

Bolehkah penderita stroke di pijat?
 
Pasien stroke umumnya akan mengalami kelumpuhan akibat gangguan saraf motorik pada otak. Perlu diingat, kelumpuhan ini bisa diatasi secara perlahan dan bertahap melalu proses rehabilitasi, walaupun penderita belum tentu bisa sembuh secara total.

Pada dasarnya, pijat merupakan salah satu cara yang aman dilakukan untuk pasien stroke dan sudah cukup banyak diterapkan dalam proses rehabilitasi pasien setelah stroke.

Pijat dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus merangsang sel otot dan saraf, sehingga bermanfaat untuk mengatasi kelumpuhan. Tindakan pemijatan ini akan lebih baik jika dikombinasikan dengan latihan penguatan otot-otot panggul dan kaki. Pastikan pijat dilakukan secara benar oleh tenaga ahli rehabilitasi medik atau fisioterapi yang terlatih agar tidak menyebabkan efek samping.

Jika anda mempunyai penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Datanglah kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.


Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233


Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami ⁣⁣⁣⁣


Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik,  melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. Dan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, sabar dan bersyukur.

 

Sekian dan terimakasih atas waktunya

 

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

0 Komentar