Bahaya Penyakit Miom dan Penyebabnya

Penyakit miom adalah salah satu jenis penyakit tumor pada otot rahim dan merupakan sel tumor jinak yang banyak tumbuh di dinding rahim dan juga vagina yang tumbuh pada wanita dan didalam periode atau masa produktif. Penyakit miom yang semakin berkembang dengan cepat dan juga ada yang semakin berkembang lebih lambat tergantung dari kondisi kesehatan tubuh dan juga dari tingkat kesehatan pada setiap orang yang berbeda-beda. Tetapi kebanyakan kasus penyakit miom tidak berbahaya, dan tidak ada hubungannya dengan resiko penyakit kanker rahim, walaupun segala kemungkinan dari terjadinya penyakit miom bisa saja terjadi, namun hanya beberapa kasus miom saja yang berubah menjadi penyakit kanker.

Penyakit Miom dan Penyebabnya
Banyak hal yang menyebabkan terjadinya penyakit miom.

Penyakit miom dan penyebabnya adalah :
1. Faktor usia
Penyakit miom dan penyebabnya yang pertama akibat dari faktor usia. Miom banyak ditemmukan pada usia reproduktif sekitar 20% dan untuk wanita yang diatas 50 tahun maka resikonya meningkat menjadi 50%.
2. Faktor keturunan
Penyakit miom dan penyebabnya yang selanjutnya adalah faktor keturunan atau genetik. Wanita yang mempunyai garis keturunan di tingkat pertama dan juga utnuk penderita miom yang punya 2,5 kali resiko mengalami penyuakit miom daripada mereka yang tidak mempunyai garis keturunan.
3. Hormon estrogen
Penyakit miom dan penyebabnya yang selanjutnya adalah akibat dari konsentrasi hormon estrogen didalam jaringan miom yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan pada miometrium normal yang paling utama di fase proliferasi dan juga pada masa menstrtuasi.
4. Faktor obesitas
Penyakit miom dan penyebabnya yang selanjutnya adalah akibat faktor obesitas atau kelebihan berat badan.
5. Makanan
Penyakit miom dan penyebabnya yang selanjutnya adalah karena makanan. Dengan mengonsusmi daging setengah matang maka hal ini akan menyebabkan potensi terjadinya penyakit miom menjadi semakin tinggi. Tetapi sayuran hijau akan membantu menurunkan potensi ini. Selain itu, hal yang harus dilakukan adalah dengan menghindari jenis makanan yang diawetkan yang bisa menjadi pemicu dari timbulnya penyakit miom dan gejalanya.
6. Merokok
Kebiasaan buruk merokok adalah salah satu penyebab dari terjadinya penyakit miom.

Gejala miom adalah :
1. Nyeri pinggul
2. Rasa penuh dibagian perut
3. Konstipasi atau susah buang air besar
4. Penekanan dibagian panggul
5. Pendarahan saat haid dan diluar haid
6. Munculnya penekanan di saluran indung telur yang menyebabkan kesulitan hamil pada wanita
7. Ada rasa kenyal terasa dibagian bawah perut
8. Gangguan susah buang air besar dan buang air kecil
9. Penyakit anemia
10. Dll

Untuk kasus penyakit miom yang tidak menunjukkan gejala, maka kemungkinan tidak memerlukan pengobatan. Dan untuk penyakit miom yang kecil maka biasanya akan menyusut sendiri. Pertumbuhan dari sel di miom tidak bersifat kanker dan kondisi seperti ini biasanya sangat jarang sekali mengganggu kehamilan.

Pengobatan Alternatif
Klinik Hati Nurul Iman